Janda, Duda dan Yatim Piatu Prioritas Dalam Distribusi Daging Kurban

beritadelapanenam-Kota Kupang, –Dalam perayaan Idul Adha 1439 H Tahun 2018 kali ini kaum janda, balu, fakir miskin dan anak yatim piatu menjadi skala prioritas dalam pendistribusian daging kurban di beberapa Masjid di Kota Kupang.

Berikut pantuan awak media di beberapa rumah ibadah.

Masjid Nurul Huda Naikoten 1 Kupang

Umat setempat sejak pagi hari sudah terlihat sangat sibuk. Ada yang selain ditugaskan memotong daging kurban, ada juga yang bertugas mengisi daging kurban ke dalam kantung-kantung plastik, (kresek), untuk nantoi distribusikan. Sementara lainya, duduk-duduk  menunggu waktu pembagian.

Ketua Pengawasan Pembagian daging Kurban, Abdi Baso kepada wartawan menjelaskan, dalam perayaan hari raya Idul Adha 1438 Hidjiriah Tahun 2018, pihaknya menyediakan hewan kurban seperti sapi sebanyak 7 ekor, dan kambing sejumlah 31 ekor.

“Hewan-hewan ini murni sumbangan dari umat Masjid Nurul Huda pasar kasih naikoten 1”, ujar dia.

Abdi menyatakan, daging kurban yang tersedia akan dibagikan kepada umat yang diketahui kurang mampu, seperti janda, balu, fakir miskin dan yatim piatu, jelasnya.

Dia mengaku, pekerjaan mengalami keterlambatan karena lokasi halaman Masjid yang kurang luas dan terbatasnya peralatan pemotongan mempengaruhi waktu pendistribusian kepada umat, urai Baso.

Baso menjelaskan, pantia perayaan hari raya kurban 1439 H, Masjid Nurul Huda Naioten 1, telah menyalurkan 420-an kupon melalui petugas-petugas yang ditunjuk.  Satu buah kupon dihargai dengan 2 kilogram  daging kurban, baik itu daging sapi atau kambing.

“Mereka lebih tahu persis umat mana yang patut dan layak mendapatkan pembagian daging kurban”, terangnya.  

Abdi Baso berharap, agar kegiatan perayaan idul adha tahun ini dapat berjalan lancar karena adanya partisipasi masyarakat di sekitar lingkungan Masjid, pungkasnya.

Masjid Darusallam Sikumana

Ketua Pelaksana Hari Raya Kurban, Ilyas Majid, mengatakan, jumlah hewan kurban yang disiapkan di hari raya idul adha 1439 H, Tahun 2018, sebanyak 8n ekor sapi layak potong dan 22 ekor kambing yang layak disembelih. Untuk sapi, 1 ekor merupakan sumbangan dari salah satu keluarga di Jakarta. Penyumbang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga besar Alor yang merupakan umat di Masjid Darusallam Sikumana, tutur dia.

Ilyas Majid mengaku selain sumbangan hewan kurban dari umat Masjid, tadi pagi melalui Sekda Kota Kupang telah diantar 1 ekor sapi kurban layak potong sumbangan dari Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore.

“Kami umat disini Masjid Darusalaam berterima kasih seklai kepada Pak Jefri”, ucapnya.

Diakui Majid, berdasarkan data panitia perayaan Hari Idul Adha 1439 Hidjiriah 2018, terdapat 260 kepala keluarga penerima daging kurban. Jumlah tersebut merupakan umat Masjid Darusallam, urainya.*jh@

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *