Hari ini di Labuan Bajo, Ada Pertemuan Tiga Negara

beritadelapanenam.com-NTT –Malam ini Rabu, (11/04), bertempat di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur digelar pertemuan Trilateral tiga negara antara Indonesia, Timor Leste (RDTL) dan Australia.

Pertemuan penting ini berlangsung dari tanggal 11 April sampai dengan 13 April 2018 dengan agendanya membicarakan pertumbuhan di sektor ekonomi dan bagaimana wujud nyata kerjasama dari ketiga negara tersebut.

Pembicaraan The Senior Officials Meeting of The Trilateral Economic Coorporation Indonesia, Timor Leste dan Australia, sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan yang telah dilaksanakan di Jakarta, Dili, Denpasar dan Kupang.

Kerjasama Trilateral itu dimulai sejak Tahun 2012 lalu atas persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Terdapat sejumlah sektor ekonomi yang dibicarakan oleh ketiga Negara, misalnya, konektivitas darat, laut, udara, pariwisata, investasi, ekspor dan impor maupun kerjasama lintas batas antar negara (border area),” kata Kepala Dinas  Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu, yang dihubungi via telepon genggam, Rabu, (11/04).

Menurut Jelamu, tujuan dari pertemuan antara Indonesia, Timor Leste dan Australia tersebut untuk mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan bagi ketiga Negara, baik dari segi konektivitas udara, soal perijinan slot time penerbangan dari masing-masing negara dalam membuka jalur penerbangan Kupang, Darwin, Dili dan sebaliknya, terang dia.

“Jadi kerangka pembicaraan Trilateral, mengarah pada kebijakan dan aksi bagi peningkatan kerjasama ketiga negara secara formal dan berkesinambungan yakni dalam bidang pendidikan akan diwujudkan melalui kerjasama antar Universitas. Dalam bidang kesehatan akan dilakukan kerjasama melibatkan perawat dan bidan di tiga negara,” tambah Jelamu.

Ikut hadir dalam pembukaan pertemuan Trilateral ini, Duta Besar RI untuk RDTL, Konsul RI di Darwin, Konsul Kehormatan RDTL, di Medan, Delegasi RDTL dari Australia, Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, Deputi I Bidang Pengelolaan Wilayah Negara-BNPBN, Deputi II Bidang Pengelokaan Potensi Kawasan Perbatasan dan Pejabat Eselon I Kemenko Perekonomian RI. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *