Belum Memiliki Alat dan Sumber Daya Dalam Pelayanan Tera, Kota Kupang dan Kabupaten Ngada Jalin Kerjasama

beritadelapanenam.com-Kota Kupang, Lebih kurang 2000 atau 75 % dari seluruh jumlah alat ukur perdagangan di Kabupaten Ngada yang perlu ditera atau ditera ulang namun belum memiliki alat dan sumber daya manusia di bidang itu, pemerintah Kabupaten Ngada menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Kupang melalui penandatanganan kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan pelayanan Tera, Tera Ulang dan pengawasan Metrologi Legal di ruang rapat Garuda lantai II Kantor Walikota Kupang, Kamis, 5 April 2018 oleh Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dan Pelaksana Tugas, (Plt), Bupati Ngada, Paulus Soliwoa.

Penandatanganan kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan pelayanan Tera Ini sebagai tindak lanjut permintaan kerjasama dari pemkab Ngada karena kebutuhan pelayanan tera yang mendesak. aku Paulus Soliwoa,

Dikatakan Paulus, sejak oktober 2016, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah, urusan bidang perdagangan pada sub urusan standardisasi dan perlindungan konsumen mengamanatkan pelaksanaan metrologi legal berupa tera, tera ulang. Dan pengawasan sebelumnya menjadi kewenangan provinsi telah diserahkan kepada pemerintah Kabupaten atau Kota, papar dia.

Sementara, untuk diketahui, pemprov NTT telah menyerahkan personel maupun alat-alat kemetrologian legal kepada pemerintah Kota Kupang sejak Tahun 2017, jelasnya. Lebih lanjut dijelaskan lagi, bahwa selain Kabupaten Ngada ada beberapa kabupaten yang telah mengajukan kerjasama untuk urusan yang sama, yaitu Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, (TTS), Lembata dan Sumba Timur.

Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, di dampingi Wakil Walikota, dr. Hermanus Man serta pejabat lainnya, menyambut baik kerjasama ini.

 “Kesepakatan bersama ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat sebagai konsumen’.

Menurut Walikota Kupang, pelayanan harus menjamin kepuasan bagi masyarakat. Disamping itu, kesepakatan bersama  akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama, teknis dan substansi nya akan dilaksanakan oleh perangkat daerah dari kedua belah pihak.

Ikut hadir mendampingi Plt Bupati Ngada, yakni Asisten Pemerintahan dan Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda, Kadis Perindustrian dan Perdagangan dan Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Ngada.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *