Menteri ESDM Resmikan 21 Unit Pembangkit Listrik di Nusa Tenggara Timur

beritadelapanenam.com–Humas Setda NTT, -Sesuai rencana, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, akan meresmikan Sumur Bor dan 21 unit Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, (NTT).

Rencana peresmian secara simbolis itu, dipusatkan di Desa Welai Timur, Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor, Sabtu (24/3).

Berdasarkan Rundown acara peresmian yang diperoleh dari protokoler Kementerian ESDM, Menteri Ignasius Jonan bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dan Konservasi Energi serta Kepala Badan Geologi – Kementerian ESDM akan tiba di Kupang menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Jumat (23/3) malam. Selanjutnya esok hari, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kalabahi (Alor).

Menurut Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral NTT, Boni Marasin, di ruang kerjanya, Kamis (22/3), kunjungan Menteri Ignasius Jonan, di Alor, tepatnya di desa Welai Timur, akan meresmikan Sumur Bor yang dibangun pada tahun 2017 dengan kedalaman sumur 125 meter, diameter, enam inchi dengan debit pompa 25 liter per detik. Sumur Bor itu memiliki kualitas air agak payau dan mampu mengairi kepada 3.600 orang.

Ungkap Boni Marasin, Pembangkit Listrik Energi Terbarukan yang siap diresmikan secara simbolis untuk lima kabupaten di NTT, juga dipusatkan di desa Welai Timur, kecamatan Teluk Mutiara. Infrastruktur Pembangkit Listrik Energi Terbarukan yang akan diremikan itu, sebanyak 21 Unit. Terdiri 17 unit pembangkit yang dibangun pada tahun 2017 dengan kapasitas 1.516 kilowatt (KW) dan kapasitas mengaliri listrik kepada 2.737 kepala keluarga (KK) menggunakan anggaran bersumber dari Kementerian ESDM, sebesar Rp. 113.813.376.568.

Sedangkan Lanjut Boni Marasin, jenis pembangkit listrik berjumlah dua Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 700 KWp, 16 PLTS terpusat (680 (KWp) dan tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 136 KW. Unit Pembangkit Listrik Energi Terbarukan yang dibangun tersebar di 21 desa, di NTT. Peresmian dipusatkan di desa Welai Timur, berjarak 6,8 kilometer dari kota Kalabahi.

Selain peresmian pembangkit listrik tersebut, juga dilakukan penyerahan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada perwakilan masyarakat dari desa Piring Sina, kecamatan Pantar Barat (Alor), desa Lippang, kecamatan Alor Timur Laut, desa Kenarimbala, kecamatan Alor Timur Laut dan kepada perwakilan masyarakat dari empat kecamatan di Sumba Timur serta perwakilan masyarakat dari kabupaten Sumba Tengah.

Pejabat Sementara Bupati Alor, Benyamin Lola, dihubungi via telepon seluler dari Kupang, membenarkan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Sabtu (24/3), tiba di Kalabahi, Aor, untuk meresmikan Sumur Bor dan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *