PDIP Calonkan Jokowi, NasDem: Perkuat Koalisi

Jum’at, 23 February 2018 20:40 WIB                         Penulis: Nur Aivanni

beritadelapanenam.com, – Rote Ndao, – PARTAI Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan telah menetapkan Joko Widodo sebagai calon presiden 2019-2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III partai tersebut. Partai koalisi yang selama ini mendukung pemerintahan Jokowi pun menyatakan akan memperkuat koalisi.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan bahwa langkah PDIP yang mencalonkan kembali Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019 merupakan suatu bentuk kerja sama yang berulang sebagaimana pada Pilpres 2014. Apalagi, kerja sama tersebut masih dilandasi dengan alasan yang sama dimana kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Jokowi saat ini agar bisa dilanjutkan kembali di periode keduanya.

Selain itu, langkah tersebut pun menguatkan formasi koalisi pencalonan Jokowi nantinya untuk memenangkan pesta demokrasi tersebut.

“Dengan PDIP menyatakan kembali dukungannya, maka sekarang formasi koalisinya menjadi kuat, lebih dari 52%. NasDem, Golkar, Hanura, PDIP dan PPP. Dengan semakin kuatnya ini kami tentu yakin menjadi lebih kuat dalam memenangkan kontestasi pilpres nanti,” terangnya di Kantor PARA Syndicate, Jakarta, Jumat (23/2).

Adapun terkait siapa calon pendamping Jokowi, Johnny mengatakan bahwa hal itu harus dibicarakan bersama dengan partai pengusung. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih calon pendamping Jokowi.

Pertama, wakil presiden yang diusung harus memiliki chemistry dengan Presiden. Kedua, dia harus memahami betul visi dan misi Presiden. Ketiga, harus bisa memberikan elektoral yang memadai untuk Presiden. “Dengan demikian, tentu akan dibicarakan dengan partai pengusung dan presiden dengan memperhatikan tiga hal itu,” tandasnya. (OL-3)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *