Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Segera Dideklarasikan

beritadelapanenam.com-MCW News, Jakarta | Puluhan perusahaan dan pimpinan redaksi media online di seluruh Indonesia sepakat membentuk suatu wadah perhimpunan yang diberi nama Ikatan Media Online (IMO) Indonesia, kepengurusan IMO sudah terbentuk melalui rapat yang digelar di Jakarta, Sabtu (16/9)

Hasil rapat tersebut diputuskan, menunjuk komposisi Pimpinan Pusat yang terdiri dari Ketua Umum Yakub Ismail, SE, Sekretaris Jenderal Nasir Umar dan Bendahara Umum, Rudi Sembiring Meliala.

Selanjutnya mereka akan bekerja untuk menyempurnakan AD/ART, akta pendirian serta legal organisasi lainnya. Selain itu akan melengkapi komposisi kepengurusan, mengadakan audensi dengan para pemangku kepentingan dan menyiapkan administrasi kesekretariatan yang untuk sementara waktu menunjuk Lian Lubis sebagai Kepala Sekretariat.

Menurut Ketua Umum Yakub Ismail, deklarasi berdirinya IMO itu direncanakan akan dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2017 mendatang, di Hotel Grand Cempaka Jakarta, sekaligus resepsi HUT IPJI ke-18 dengan mengundang seluruh pewakilan IMO dan DPW IPJI se-Indonesia.

Dikatakannya, seiring lahirnya IMO tersebut pengurus juga telah merumuskan berbagai program kerja, diantaranya yang merupakan program unggulan adalah membantu dan memfasilitasi pembuatan legalitas perusahaan pengelola media online berupa akta notaris, pengesahan Kemenkumham, pendaftaran ke Dewan Pers.

Selain itu, program pelatihan ITE dan jurnalisme online, memfasilitasi perusahaan dalam rangka verifikasi Dewan Pers, memfasilitasi wartawan/jurnalis untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk mendapatkan sertifikat melalui kerjasama IPJI dengan Universitas Profesor Moestofo

“Untuk diketahui, IPJI tidak punya garis komando vertikal maupun horizontal dengan IMO. Yang ada hanyalah hubungan moral dan emosional, karena IMO lahir dibidani orang-orang IPJI,” terangnya.

Lebih jelasnya, IPJI dan IMO merupakan dua organisasi yang berbeda jenisnya. IPJI tempat berhimpun profesi jurnalis dan penulis, sedangkan IMO tempat berhimpun perusahaan pengelola media online.

Lebih jauh dikatakan, meski baru dibentuk sejak 2 hari yang lalu, sejauh ini sudah ada 43 media online yang telah mendaftar dari hampir seluruh Provinsi yang ada di negeri ini. Jumlah tersebut, diyakini akan terus bertambah. (timmcwnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *