DP4 Pilgub Nusa Tenggara Timur 3,7 Juta

Berita86.com-lintasntt-Kupang, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) Maryanti Adoe memastikan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan gubernur 2018 bertambah.

Sesuai data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima KPU NTT, pemilih di daerah itu berjumlah 3,7 orang, sedangkan data pemilih pemilu terakhir berjumlah 3,2 juta orang.

“Memang ada penaikan pemilih secara signifikan tetapi saat ini masih berlangsung pemuktahiran data pemilih. Bisa saja ada pengurangan, tetapi bisa juga pemilih bertambah,” kata Maryanti di Kupang, Selasa (23/1/2018.

Maryanti menyebutkan data kependudukan yang diterima KPU dari pemerntah tersebut ternyata tidak direvisi secara baik, antara lain data orang yang meninggal atau pindah tempat tinggal, masih tercatat sebagai penduduk di tempat asalnya.

“Beberapa kali kami melakukan pemuktahiran data di pilkada sebelumnya, hasilnya jauh dari data pemilih yang diserahkan ke KPU,” ujarnya. Untuk itu,

Maryanti minta petugas panitia pemuktahiran data pemilih (PPDP) menjalankan tugasnya dengan optimal sehingga menghasilkan data pemilih yang akurat.

Maryanti mengatakan petugas PPDP yang diterjunkan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih berjumlah 12.369 orang. Mereka mendatangi rumah penduduk untuk mencatat seluruh warga yang memiliki hak pilih, dapat memberikan hak suaranya di tempat pemunggutan suara

Adapun warga yang pindah atau meninggal akan dicoret sebagai pemilih. “Kami juga berharap partisipasi aktif seluruh warga sehingga seluruh warga yang memiliki hak pilih dapat terdata,” ujarnya. (gma/sumber: mi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *