Jokowi Wanti-wanti Perbankan Tak Pelit Salurkan Kredit

berita86.com-Jakarta-VIVA – Presiden RI Joko Widodo mewanti-wanti supaya industri perbankan tak pelit menyalurkan dana kredit bagi masyarakat. Menurut mantan Gubernur DKI ini, industri perbankan seharusnya tidak melulu fokus mengumpulkan dana, namun juga harus menyalurkan dana itu kembali ke masyarakat guna merangsang perekonomian.

“Jangan sampai industri perbankan kita asyik mengumpulkan dana pihak ketiga, tetapi pemberian kreditnya susah,” ujar Jokowi, berbicara dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2018.

Jokowi menyampaikan, sejumlah praktik cerdik juga tak jarang dilakukan dengan meninggikan angka penyaluran kredit, namun sasarannya hanya kalangan tertentu saja. Jokowi juga meminta industri perbankan bertindak bijak dengan membimbing usaha-usaha kecil mencapai taraf yang lebih tinggi.

Menurutnya, penyaluran kredit haruslah merata sehingga laju perekonomian juga bisa terdorong secara adil di seluruh Indonesia.

“Memang harus keluar tenaga yang lebih (dari industri perbankan) untuk membimbing yang kecil-kecil ini dari mikro, menjadi pengusaha kecil, dari pengusaha kecil menjadi naik lagi, ke pengusaha menengah,” ujar Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *